Selasa, 17 Mei 2016

Anak, CopyPaste Orangtua



Betapa mudahnya seorang anak mengikuti apa yang dilakukan orangtuanya, bahkan orangtua tak menyadarinya (Quote)


Pernah mendengar istilah COPY PASTE? Ya, copy paste adalah istilah dalam penulisan naskah dimana kita menyalin, mencontoh, atau meniru tulisan dalam satu dokumen dan kemudian dipindahkan ke dokumen yang lain. Tetapi benarkah istilah copy paste hanya berlaku di dunia penulisan saja? Ternyata istilah tersebut juga ada di dunia parenting.

Sebuah contoh sederhana seperti pernahkah kita melihat seorang ibu yang sedang mengajarkan anaknya untuk bertepuk tangan? Dan si anak dengan cepat pula menirukan ajaran sang ibu. Begitu pun jika ibu mengajarkan kepada si anak untuk memanggil orang tuanya dengan sebutan papa dan mama. Pasti si anak juga akan belajar menirukan apa yang telah diajarkan.

Ada beberapa hal yang akan ditiru oleh anak dari orangtuanya. Saya menyebutnya 3E, yaitu:
  1. Emosi Diri yang dimiliki oleh orangtua akan secara langsung memengaruhi emosi yang dimiliki sang anak. Ketika ibu pemarah, maka anak akan jadi pemarah. Ketika ibu mudah tersinggung, anak akan tumbuh lebih sensitif.
Jika si anak melihat orang tua sedang melampiaskan kemarahannya meskipun bukan ditujukan pada si anak, pasti ia akan dengan mudah menirukannya. Karena ia mendapat contoh dari orang tua yang sedang marah-marah tepat dihadapannya.

2.      Empati dan Cinta Kasih
Anak akan belajar empati dari orangtuanya termasuk juga karakter simpati dan antipati. Kekuatan empati orangtua pada sekelilingnya akan membuat anak tumbuh menjadi anak yang berempati pada lingkungan dan penuh cinta kasih.

3.      Energi Tauhid
Bagaimana orangtuanya menempatkan Allah di hati mereka, seperti itulah anak akan menempatkan Allah di hatinya. Energi Tauhid orangtua akan di-copypaste oleh anak-anaknya.
Bagaimana orangtua memprioritaskan Allah di hatinya, seperti itulah anak akan memprioritaskan Allah di hatinya.
Seberapa banyak orangtua meluangkan waktu untuk bertemu dengan Allah, seperti itulah waktu yang akan anak luangkan untuk bercengkrama dengan Allah.

Anak dan Orangtua

Jika Anda sedang kesal pada anak maka lihatlah diri sendiri
Jika Anda merasa jengkel pada anak, segeralah introspeksi
Jika Anda merasa anak sulit diatur, kembali lihat pribadi diri
Anak mengikuti setiap gerakan ayah dan ibunya
Anak mengikuti setiap langkah orangtuanya
Sudahkah memberikan teladan untuk mereka?



Anak-anak yang baik adalah anak-anak yang sudah belajar hal-hal yang baik dari orang tuanya. Percayalah!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar