Selasa, 17 Mei 2016

Peran Ibu di Balik Kecerdasan Anak



Ibu Dewi bercerita. "Anak saya punya teman sekolah, dan temannya itu luar biasa cerdas. Hmm sebenarnya wajar sih, ibunya juga cerdas ... berarti apa kecerdasan si anak itu menurun dari ibunya, ya? Apa benar jika ibu cerdas, si anak juga akan menjadi anak yang cerdas?"

Hm, pertanyaan menarik dari ibu Dewi tentang anak cerdas. Sebenarnya faktor apa yang menyebabkan seorang anak menjadi cerdas? Ataukah kecerdasan itu menurun dari sang ibu yang juga cerdas?

Memiliki anak yang cerdas adalah harapan setiap orangtua di dunia ini. Kecerdasan anak dipengaruhi oleh kualitas otaknya. Dan kualitas otak yang baik tersebut sebenarnya bisa dipantau sejak si anak masih dalam kandungan.

Pada saat anak masih dalam kandungan, seorang ibu harus memperhatikan beberapa faktor demi kecerdasan si anak. Dimulai dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi yang cukup dan kondisi kesehatan sang ibu.

Faktor kesiapan seorang wanita untuk menjadi seorang ibu juga menjadi faktor yang membentuk kecerdasan anak. Jika seorang calon ibu tidak siap dengan kehamilannya, pasti akan mengalami tingkat stres yang tinggi. Selain berrisiko terhadap kehamilannya, hal itu juga akan mempengaruhi perkembangan si anak dalam kandungan.

Ibu hamil harus merasa bahagia setiap hari agar si anak dalam kandungan juga ikut merasa bahagia. Dengan begitu otomatis anak akan memiliki tumbuh kembang yang baik dibandingkan dengan ibu yang hamil namun dalam kondisi yang tertekan, stres banyak pikiran. Ibu hamil yang tertekan tidak akan bisa memberikan kasih sayang kepada si anak sejak dalam kandungan. Dan akan menyebabkan perkembangan yang tidak baik untuk si calon anak.

Jika si ibu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi anak sejak dalam kandungan, menjalani kehamilan dengan ikhlas dan senang, kemudian beri anak stimulasi yang positif. Stimulasi positif pada anak akan berdampak pada perkembangan otak anak, dapat bersosialisasi dengan lingkungannya serta lebih mempererat hubungan ibu dan anak.

Setiap orangtua pasti mendambakan anak yang cerdas. Kecerdasan anak adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa, dengan perantara ibu hamil yang ikhlas dengan kehamilannya. Yuk, para calon ibu. Jadilah calon ibu yang cerdas. Yang menikmati setiap detik masa-masa kehamilan. Demi calon buah hati yang cerdas. Bersedia?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar