Selasa, 17 Mei 2016

Anak Nakal? Orangtua Ikut Andil Di dalamnya!


Anak nakal semata-mata bukan salah mereka. Terkadang sebagai orang tua justru kita ikut berperan dalam membentuk karakternya sebagai anak nakal.

Pernah mendengar seorang ibu atau ayah berteriak pada anaknya dengan ungkapan "adik sekarang kok jadi anak nakal ya?" atau "ayo, jangan jadi anak nakal" dan lain-lain. Yang terkadang disebabkan oleh hal sepele seperti anak yang bertingkah aktif karena ingin menarik perhatian orang tuanya.

Sebetulnya anak berperilaku nakal mutlak bukan kesalahan mereka. Namun mengapa mereka akhirnya menjadi anak yang nakal? Berikut beberapa sebab diantaranya.

1.      Pemberian label yang buruk
Jika seorang anak sudah terlanjur diberikan label oleh orang tuanya sebagai anak nakal, maka dalam pikiran dan hatinya akan tertanam keyakinan kalau ia memang seorang anak yang nakal. Sehingga jika seorang anak melakukan suatu kenakalan yang harus diperbaiki adalah perilaku nakalnya. Bukan memberi label dan mencapnya sebagai anak nakal.

2.      Tidak ada yang memberitahu si anak tentang akibat kenakalannya. Seperti ketika anak berlari-lari dan naik ke atas meja atau pada saat anak bermain bola dalam rumah yang berpotensi membuat rumah menjadi berantakan. Selama ini jika hal tersebut terjadi ungkapan yang keluar dari mulut orang tua adalah "adik jangan nakal" atau " adik sekarang kok nakal ya?". Seharusnya si anak diajak duduk bersama diberi pengertian jika berlari-lari dalam rumah atau naik-naik ke atas meja akibatnya bisa terjatuh. Kalau main bola dalam rumah bisa memecahkan kaca jendela dan ungkapan-ungkapan lain yang bersifat memberi pengetahuan pada si anak.


Anak nakal semata-mata bukan salah mereka. Terkadang sebagai orang tua justru kita ikut berperan dalam membentuk karakternya sebagai anak nakal. Yuk, para orang tua mulai saat ini ucapkanlah yang baik-baik kepada anak. Hal itu akan semakin membuatnya percaya kalau ia bukanlah terlahir sebagai anak nakal.




                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar